Widget HTML Atas

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya Sesuai Sunnah

Shalat dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu pagi hari setelah terbit matahari atau sekitar jam 07.00 WIB sampai kurang lebih jam 11.00 WIB atau menjelang masuknya waktu sholat dzuhur. Tidak ada batasan jumlah raka'atnya, namun tiap shalat harus 2 raka'at dengan satu kali salam, sama seperti sholat tahajud.
Bacaan sholat dhuha sebenarnya hampir sama dengan bacaan sholat sunnah lainnya namun terdapat perbedaan pada bacaan niat sholat dhuha, surat pendek, dan doa setelah sholat dhuha. Sementara untuk gerakan sholat sama pada sholat pada umumnya. Namun disini kami tidak membahas mengenai tata cara sholat dhuha, tetapi akan membahas Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya Sesuai Sunnah lengkap latin dan arabnya.

Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya Sesuai Sunnah

sholat dhuha
sholat dhuha
Sholat sunnah dhuha telah diwasiatkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, yang mana ini telah diriwayatkan dalam hadist imam Bukhari Muslim. Beliau bersabda yang demikian :
Kekasihku (Nabi Muhammad) mewasiatkan kepadaku untuk berpuasa tiga hari dalam tiap bulan, melakukan dua rakaat sholat Dhuha dan melakukan sholat witir sebelum tidur. (HR. Bukhari Muslim)
Berikut adalah satu doa setelah Sholat Dhuha dan artinya yang sangat populer disebagian saudara kaum muslimin.
doa setelah sholat dhuha dan artinya
doa setelah sholat dhuha
ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU'ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA'IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA 'IBADIKASH SHALIHIN
Artinya : "Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh."
Doa ini diriwayatkan oleh As Syarwani pada Syarhul Minhaj (7:293) dan Abu Bakr Ad Dimyathi pada I’aanatut Thalibiin (1:295). Namun kedua penulis tersebut tidak menunjukkan dalil daripada bacaan ini. Dari maka itu Tim Syabakah Islamiyah, dibawah bimbingan Dr. Abdullah al-Faqih memberikan komentar doa setelah Sholat Dhuha yang sudah terbiasa dibacakan oleh kaum muslimin ini : "Kami tidak mendapatkan dalil kuat yang menunjukkan adanya doa ini pada referensi-referensi yang kami miliki." (Syabakah Islamiyah, no. 53488). (Sumber : Ustadz Ammi Nur Baits www.konsultasisyariah.com/10588-doa-shalat-dhuha.html)

Hadits Doa Setelah Sholat


Namun, ada Hadis Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam yang diriwayatkah Tsauban radhiallahu 'anhu, beliau menceritakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam membaca dzikir setelah beliau selesai shalat. "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam setiap selesai shalat, beliau membaca istighfar 3 kali, kemudian membaca"
Dzikir setelah sholat
Dzikir setelah sholat
ASTAGHFIRULLAAH (3x), ALLAHUMMA ANTAS SALAAM WA MINKAS SALAAM TABAAROKTA YAA DZAL JALAALI WAL IKROOM
Artinya : "Aku mohon ampun pada Allah, Ya Allah, Engkaulah pemberi keselamatan Maha Suci Engkau Wahai Yang Memiliki Keagungan dan Kemuliaan"

Manfaat Sholat Dhuha

Berikut ada beberapa hadist menjelaskan tentang keutamaan kita yang melaksanakan shalat sunnah dipagi hari atau sholat dhuha  :
"Sesungguhnya di Surga itu ada pintu yang disebut pintu Dhuha, maka tatkala dihari Kiamat kelak ada panggilan khatib : "Siapakah orang yang suka membiasakan shalat Dhuha ? Inilah pintu kamu sekalian, masuklah kamu sekalian dengan penuh Rahmat Allah SWT." ( HR Thabrani )
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam Bersabda:
"Siapa saja yang dapat mengerjakan Shalat Dhuha dengan terus-menerus, akan di ampuni dosanya oleh Allah,sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan." ( HR Tirmidzi )
Setelah selesai melaksanakan Sholat Dhuha, insya Allah kita semua akan mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Selain itu, tentu saja insya Allah akan memperoleh keutamaan dan fadhilah dari mengerjakan Sholat Dhuha ini. Terlebih jika setelah selesai melaksanakan Sholat Dhuha kemudian Anda lanjutkan dengam membaca dzikir dan doa setelah sholat dhuha yang sesuai Sunnah Nabi.

Semoga dengan ini pahala kita selalu dan semakin bertambah, dan kita menjadi semakin giat untuk melaksanakn Sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan kewajiban kita. Aamiin ya Rabbal Alaamiin.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya Sesuai Sunnah"