Widget HTML Atas

Bacaan Doa Setelah Wudhu yang Benar dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya Lengkap

Doa setelah wudhu yang benar wajib diketahui oleh seorang Muslim. Hal ini dikarenakan aktivitas wudhu merupakan aktivitas yang wajib kita lakukan sehari – hari. Dari mulai bangun tidur, yaitu sebelum mengerjakan sholat shubuh, sampai dengan menjelang tidur, yaitu sebelum mengerjakan sholat isya, kita wajib berwudhu.

Sah atau tidaknya sholat yang dilakukan oleh seorang Muslim akan sangat bergantung pada kesucian diri orang yang mengerjakan sholat. Hal ini dikarenakan suci dari hadats termasuk ke dalam salah satu syarat sah sholat. Artinya, bila tubuh kita tidak suci dari hadats, maka sholat yang kita kerjakan akan dianggap tidak sah.
Bacaan Doa Setelah Wudhu yang Benar dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya Lengkap
Bacaan Doa Setelah Wudhu yang Benar dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya Lengkap
Untuk membersihkan diri dari hadats kecil, sebelum melakukan ibadah sholat, kita dianjurkan untuk berwudhu. Itulah mengapa wudhu itu sangat penting. Karena, bila wudhu yang kita lakukan tidak benar, maka kemungkinan besar ibadah sholat yang kita dirikan akan menjadi tidak sah.

Dengan melakukan aktivitas wudhu yang diakhiri dengan membaca doa setelah wudhu, harapannya kita dapat terbebas dari berbagai macam hadats kecil. Dengan begitu, peluang ibadah sholat kita untuk bisa diterima akan menjadi semakin besar.

Hukum Membaca Doa Setelah Wudhu

Hukum membaca doa setelah wudhu pada dasarnya adalah sunnah. Artinya, bila kita belum hafal, kita tidak wajib membacanya. Namun begitu, bukan berarti kita tidak harus menghafalnya.
Walaupun doa setelah wudhu bukan termasuk ke dalam kewajiban atau pun rukun sah wudhu, namun sebisa mungkin kita tetap harus menghafalnya. Hal ini dikarenakan, doa setelah wudhu akan membuat aktivitas wudhu kita menjadi jauh lebih sempurna.

Bacaan Doa Setelah Wudhu beserta Artinya

Berikut merupakan lafaz bacaan doa setelah wudhu yang benar
Doa setelah wudhu
Doa setelah wudhu
ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIIKALAHU . WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN’ABDUHU WA RASUULUHU ALLAHUMMA-J ALNII MINATTABINNA WAJ ALNII MINAL MUTATHOHIIRINA WAJ ALNII MIN 'IBADATISHALIHIN
Artinya : "Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang Esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh."

Bagaimana Bila belum Hafal Doa Setelah Wudhu?

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, membaca doa setelah wudhu bukanlah sebuah kewajiban. Maka dari itu, bila kita belum hafal, kita tetap bisa melakukan wudhu tanpa harus membaca doa setelah wudhu.
Namun begitu, kembali lagi, kita harus tetap berupaya untuk menghafalnya. Dengan begitu, harapannya aktivitas wudhu yang kita lakukan bisa menjadi lebih sempurna dan ibadah sholat kita juga bisa lebih sempurna dan bisa diterima oleh Allah swt.

Pentingnya Wudhu bagi Umat Muslim

Saat menghafal doa setelah wudhu, Anda sebaiknya turut menghafal artinya sekaligus. Dengan begitu Anda bisa memahami apa makna dari doa yang Anda ucapkan dan aktivitas wudhu yang Anda lakukan bisa menjadi lebih bermakna.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah doa ataupun niat saat hendak berwudhu. Bahkan, bila dibandingkan dengan doa setelah wudhu, niat wudhu memiliki tingkat kepentingan yang jauh lebih tinggi. Mengapa? Karena dalam agama Islam, setiap amal perbuatan yang kita lakukan akan dinilai berdasarkan dengan niat awal kita saat hendak melakukan amal perbuatan tersebut.

Oleh karena itu, selain harus menghafal doa setelah wudhu, Anda sebaiknya juga turut menghafal niat wudhu dan tata cara mengerjakan wudhu yang baik dan benar. Jangan sampai Anda berhasil menghafal niat wudhu dan doa setelah wudhu yang benar namun tata cara wudhu yang Anda lakukan masih suka keliru.Hal seperti ini wajib Anda hindari. Karena bila wudhu yang kita lakukan tidak benar, maka kebersihan diri kita patut dipertanyakan, dan bila diri kita tidak bersih dari hadats, maka kemungkinan besar ibadah sholat yang kita kerjakan tidak akan diterima oleh Allah swt.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Setelah Wudhu yang Benar dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya Lengkap"