Widget HTML Atas

Bacaan Doa Bercermin Arab dan Artinya Lengkap

Dalam Islam, kita dianjurkan untuk selalu membaca doa sebelum dan setelah mengerjakan sebuah aktivitas. Saat bercermin misalnya, kita dianjurkan untuk membaca doa bercermin. Oleh karena itu, sudah semestinya kita mengetahui bacaan doa bercermin arab dan artinya.

Bercermin merupakan aktivitas yang hampir selalu kita kerjakan setiap hari. Beberapa orang bahkan ada yang menghabiskan waktu hingga beberapa jam sehari hanya untuk bercermin dan merias diri. Tidak jarang ketika bercermin kita merasa agak sedikit bangga dengan wajah rupawan yang kita miliki. Di lain sisi, beberapa orang ada yang merasa kesal karena wajah kurang sempurna yang ia miliki (karena cacat dll).

Bacaan Doa Bercermin Arab dan Artinya Lengkap

Bacaan doa bercermin arab dan artinya
Bacaan doa bercermin arab dan artinya
 Nah, untuk menghindari semua sifat setan tersebut, kita dianjurkan untuk banyak mengucap rasa syukur. Salah satu caranya adalah dengan membaca doa bercermin atau pun doa berkaca.

Dengan membaca doa berhias / bercermin, kita telah bersyukur kepada Allah SWT atas rupa sempurna yang Ia berikan kepada kita. Harapannya, nikmat yang kita rasakan (berupa wajah yang rupawan) akan ditambah oleh Allah SWT dengan nikmat - nikmat yang lainnya.

Lafadz Bacaan Doa Bercermin

Lafaz bacaan doa ketika bercermin adalah sebagai berikut:
Bacaan Doa Bercermin
Bacaan Doa Bercermin
ALHAMDULILLAHI ALLAAHUMMA KAMAA HASSANTA KHOLQII FA HASSIN KHULUQII
Artinya : "Segala puji bagi Allah. Ya Allah sebagaimana telah Engkau sempurnakan penciptaanku, maka sempurnakanlah pulah akhlakku."

Manusia Adalah Makhluk Ciptaan Allah yang Paling Sempurna

Bila dibandingkan dengan makhluk ciptaan Allah SWT yang lainnya, manusia merupakan makhluk yang paling sempurna. Sayangnya, banyak di antara kita yang tidak menyadari hal ini.

Terkadang hanya karena kita memiliki rupa yang agak sedikit spesial dan berbeda dari teman – teman kita, kita menjadi merasa minder dan merasa kurang beruntung. Padahal, dibalik itu semua ada hikmah yang turut dibawanya.

Di lain sisi, bila dibandingkan dengan binatang, tumbuhan, atau malaikat sekalipun, manusia cenderung jauh lebih sempurna. Oleh sebab itu, kita harus bersyukur karena telah terlahir sebagai seorang manusia.

Dalam beberapa ayat, Allah SWT menyebutkan bahwa setiap manusia memiliki kedudukan yang sama di mata Allah SWT. Satu – satunya hal yang membuat kedudukan umat manusia di hadapan Allah menjadi berbeda – beda adalah amal perbuatannya.

Adab dalam Berias

Islam adalah agama yang sangat lengkap. Hampir setiap aktivitas umat Islam telah diatur oleh syariat. Dari mulai makan sampai dengan berias, semuanya sudah ada adab dan aturannya. Selain membaca doa bercermin, saat berhias kita sebaiknya juga turut menerapkan adab berhias yang berlaku dalam agama Islam. Berikut merupakan beberapa adab berhias yang diajarkan Nabi Muhammad SAW pada umat Islam:

1. Tidak Menyerupai Laki - Laki (khusus untuk perempuan)

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Nabi Muhammad SAW pernah berakta bahwa Ia melaknat kaum perempuan yang berdandan atau pun berpenampilan menyerupai kaum laki – laki.

2. Tidak Menyambung Rambut

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim, Rasulullah SAW pernah berkata bahwa Ia melaknat kaum perempuan yang menyambung rambutnya dengan rambut milik wanita lain. Selain itu Rasulullah juga turut melaknat kaum wanita yang meminta agar rambut miliknya disambung.

3. Menyemir Rambut dengan Warna Hitam

Dalam hadits lainnya, Nabi Muhammad SAW juga pernah berkata bahwa akan datang suatu masa dimana manusia mewarna rambutnya dengan warna hitam. Orang – orang seperti ini tidak akan bisa mencium bau surga.

Mengetahui doa bercermin arab dan artinya adalah hal yang sangat penting. Namun begitu, ada hal yang jauh lebih penting untuk dilakukan, yaitu mengamalkan doa tersebut (walaupun menggunakan Bahasa Indonesia) dan mengamalkan adab dalam berhias.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Bercermin Arab dan Artinya Lengkap"