Widget HTML Atas

Bacaan Doa Ketika Hujan Bahasa Arab dan Terjemahannya Lengkap

Saat turun hujan, alih – alih membaca doa ketika hujan, sebagian besar orang biasanya akan langsung mengeluh. Biasanya mereka mengeluh karena hujan dianggap telah membatasi ruang gerak dan aktivitas harian mereka.

Padahal, dalam Agama Islam, hujan adalah berkah yang sangat besar. Dengan hujan, Allah menurunkan berbagai macam rejeki untuk umatnya. Dari mulai rejeki berupa air minum yang jernih sampai dengan rejeki berupa tanaman yang subur, semuanya diberikan Allah melalui air hujan.

Bacaan Doa Ketika Hujan Bahasa Arab dan Terjemahannya Lengkap
Sayangnya, karena tidak memahami hal tersebut, banyak umat Muslim yang mahal mengeluh saat hujan. Pasalnya, ketika hujan ruang gerak mereka menjadi terbatas. Mereka tidak dapat bekerja di luar ruangan, mereka tidak dapat menjemur pakaian, mereka tidak dapat bepergian keluar rumah, dll.

Hujan adalah Waktu yang Mustajab untuk Berdoa

Walaupun hujan terlihat menghalangi aktivitas harian kita, namun dalam Agama Islam selain membawa berkah, waktu hujan juga merupakan salah satu waktu terbaik yang dapat digunakan untuk memanjatkan doa.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk mencari doa yang mustajab pada tiga waktu. Waktu yang pertama adalah pada saat bertemunya dua pasukan (yang ingin berperang), waktu ke dua adalah menjelang shalat dilaksanakan, yaitu di antara azan dan iqamah, dan waktu ke tiga adalah saat hujan turun.

Dalam hadits lainnya yang diriwayatkan oleh Al Hakim dan Al Baihaqi, Nabi Muhammad SAW juga menyebutkan bahwa ada dua waktu dimana doa seorang Muslim tidak akan ditolak. Dua waktu tersebut adalah doa ketika adzan dan doa yang dipanjatkan ketika hujan turun.

Bacaan Doa Ketika Hujan

Lafaz bacaan doa ketika hujan adalah sebagai berikut:
Bacaan Doa Ketika Hujan Bahasa Arab dan Terjemahannya Lengkap
Doa di atas merupakan doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Ahmad, dan An Nasai. Selain membaca doa di atas, kita diperbolehkan untuk membaca doa apa saja yang kita inginkan.

Doa Ketika Hujan Lebat

Bila hujan yang terjadi benar – benar sangat lebat, kita dianjurkan untuk membaca doa ketika hujan lebat. Lafaz bacaannya adalah sebagai berikut:

Doa di atas adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW ketika hujan turut dengan sangat lebat. Pada waktu itu, Nabi Muhammad SAW tengah memohon kepada Allah swt untuk diturunkan hujan. Ketika hujan yang turun benar – benar lebat, Nabi Muhammad SAW langsung membaca doa di atas untuk memohon perlindungan kepada Allah swt dari berbagai macam mara bahaya yang mungkin terjadi.

Doa Setelah Turun Hujan

Selain membaca doa ketika hujan, jika hujan sudah berhenti, kita dianjurkan untuk kembali berdoa. Lafaz doa yang dibaca selepas turun hujan adalah sebagai berikut:
Bacaan Doa Ketika Hujan Bahasa Arab dan Terjemahannya Lengkap
Hukum Membaca doa ketika hujan adalah sunnah. Dengan kata lain, kita sebenarnya tidak diwajibkan untuk membaca doa ketika hujan. Namun begitu, karena hujan adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa, amat sangat rugi tentunya jika kita menyia-nyiakan waktu tersebut begitu saja.

Oleh sebab itu, bila hujan turun, berhentilah mengeluh. Hujan adalah rahmat dari Allah swt. dan hujan juga merupakan salah satu dari tiga waktu mustajab untuk berdoa. Maka dari itu, manfaatkan lah waktu hujan untuk berdoa kepada Allah swt. Bila Anda belum hafal doa ketika hujan di atas, Anda dapat membaca doa apa saja, bahkan dalam Bahasa Indonesia sekalipun.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Ketika Hujan Bahasa Arab dan Terjemahannya Lengkap"