Widget HTML Atas

Bacaan Doa Lunas Hutang Bahasa Arab dan Artinya Lengkap

Sebagian dari Anda yang tengah terlilit utang mungkin akan bertanya – tanya, adakah doa lunas hutang yang bisa diamalkan agar hutang yang dimiliki bisa segera terbayar? Bagaimana jika hutang yang dimiliki sangat besar, adakah amalan khusus yang bisa dilakukan agar bisa terbebas dari jerat hutang tersebut?
Bacaan Doa Lunas Hutang Bahasa Arab dan Artinya Lengkap

Doa Lunas Hutang

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, disebutkan bahwa ‘Ali RA pernah didatangi oleh seorang budak. Budak tersebut telah berjanji pada tuannya untuk membayar sejumlah uang tertentu untuk menebus dirinya sendiri (memerdekakan diri sendiri). Sayangnya, sampai dengan tenggat waktu yang ditentukan, budak tersebut tidak berhasil mengumpulkan uang yang cukup. Mendengar cerita budak tersebut, Ali RA langsung mengajukan pertanyaan apakah ia (si budak) mau diberi tahu tentang doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk menghadapi hutang sepenuh gunung? Budak tersebut langsung menjawab mau.

Tidak lama kemudian, Ali RA langsung membacakan lafaz doa berikut ini:
Bacaan Doa Lunas Hutang Bahasa Arab dan Artinya Lengkap

Amalan Lain untuk Melunasi Hutang

Menurut Al-Qur’an dan hadits, tidak ada satu pun panduan yang menjelaskan mengenai amalan khusus yang bisa dikerjakan agar hutang yang dimiliki bisa segera terbayar lunas.

Oleh sebab itu, satu – satunya upaya yang bisa kita kerjakan adalah berusaha untuk mengumpulkan uang dengan cara yang halal dan mempasrahkan hasilnya pada Allah SWT dengan cara membaca doa lunas hutang di atas.

Menghindari Hutang Jauh Lebih Baik

Bila kita telusuri, hampir semua orang yang ada di era sekarang ini memiliki dan atau setidaknya pernah memiliki hutang. Yang lebih parahnya lagi, mayoritas hutang yang dimiliki ditengarai oleh keinginan, bukan karena kebutuhan.

Padahal, bila kita merujuk pada kisah para Sahabat Nabi Muhammad SAW, mereka rela hidup dalam kondisi seadanya hanya karena mereka takut untuk berhutang. Pasalnya, hutang adalah sebuah kewajiban yang harus dibayar. Sampai kapanpun, hutang akan tetap menjadi hutang selama pihak pemberi hutang belum mengikhlaskannya.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin, hindarilah kebiasaan berhutang. Kalau aktivitas hutang yang hendak kita lakukan hanya untuk memenuhi keinginan dan hawa nafsu belaka, maka hindarilah aktivitas hutang tersebut.

Selain itu, bila pada waktu kita membutuhkan uang, kita memiliki barang berharga yang dapat dijual, maka utamakanlah untuk menjual barang berharga tersebut dari pada harus berhutang pada orang lain.

Walaupun dalam prakteknya nanti, dengan ijin Allah kita dapat melunasinya dengan cara berusaha dan mengamalkan doa lunas hutang setiap hari, namun mencegah hutang dengan cara menjual barang berharga yang dimiliki cenderung akan jauh lebih baik ketimbang harus berhutang.

Persoalan Hutang Riba

Tidak hanya sekedar berhutang, di era sekarang ini, proses utang piutang juga dijalankan dengan sistem riba. Hukum riba sendiri sudah diterangkan secara nyata dalam Al-Qur’an yaitu haram.

Bahkan, dalam sebuah Ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an, disebutkan bahwa Allah akan melaknat si pemakan riba, pemberi riba, dan dua orang saksi yang mencatat transaksi riba tersebut.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin, hindarilah berhutang, terlebih – lebih hutang yang dijalankan dengan sistem riba. Jika masih ada pilihan lain, maka jalankanlah pilihan tersebut.

Lebih baik tidak memiliki sepeda motor atau pun rumah sendiri dibandingkan harus menanggung dosa riba yang besarannya seperti dosa berzinah dengan ibu kandung sendiri.

Itulah sedikit informasi mengenai doa lunas hutang yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Lunas Hutang Bahasa Arab dan Artinya Lengkap"