Widget HTML Atas

Bacaan Doa Makan dan Sesudah Makan Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya

Doa makan dan sesudah makan merupakan salah satu bait doa yang paling pertama diajarkan oleh orang tua pada anaknya. Biasanya, dua bait doa ini diajarkan bersama dengan dua bait doa lainnya, yaitu doa sebelum tidur dan doa bangun tidur.

Walaupun sudah diajarkan sejak kecil, banyak umat Islam yang tidak memahami bait doa makan dan sesudah makan dengan baik. Selain itu, beberapa orang juga tidak mengetahui arti dari doa sebelum makan dan doa setelah makan yang ia baca. Hal ini dikarenakan proses pengajaran doa yang dilakukan secara lisan.
Bacaan Doa Makan dan Sesudah Makan Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya
Padahal, mengetahui arti dari doa yang kita baca benar – benar sangat penting. Dengan mengetahui arti dari doa yang kita baca, kita akan bisa mengetahui apa saja yang kita minta dalam bait doa tersebut.

Bacaan Doa Sebelum Makan

Doa makan diucapkan sesaat sebelum kita makan. Lafaz doa sebelum makan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:
Bacaan Doa Makan
Doa sebelum makan penting untuk dibaca. Doa ini merupakan wujud permohonan kita pada Allah SWT agar makanan yang kita konsumsi bisa memberi manfaat dan agar kita terhindar dari siksa api neraka.

Bacaan Doa Setelah Makan

Umat Islam dianjurkan untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Dalam sebuah ayat, Allah SWT menyebutkan bahwa jika kita bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang kita rasakan, maka Allah SWT akan menambah nikmat tersebut. Namun, bila kita kufur dan tidak bersyukur, maka sesungguhnya azab Allah SWT benar – benar sangat pedih.

Berangkat dari hal tersebut, kita dianjurkan untuk selalu bersyukur setiap kali mendapatkan nikmat, termasuk salah satunya adalah selepas makan. Untuk mensyukuri nikmat yang kita rasakan karena mengonsumsi makanan, kita dianjurkan untuk membaca doa setelah makan. Lafaz bacaan doanya adalah sebagai berikut:
Bacaan Doa Sesudah Makan

Bacaan Doa Setelah Minum

Sama seperti halnya makanan, minuman (yang baik), juga tergolong sebagai sebuah nikmat yang wajib kita syukuri. Dengan minuman, rasa dahaga yang kita rasakan akan hilang. Selepas minum, kinerja tubuh kita pun akan kembali optimal.

Untuk itu, selepas minum, kita juga dianjurkan untuk membaca doa sesudah minum. Lafaz doanya adalah sebagai berikut:

Adab Ketika Makan

Selain membaca doa sebelum makan dan doa setelah makan, ada beberapa hal penting yang sangat dianjurkan untuk kita kerjakan ketika sedang makan. Beberapa hal penting tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Makan dengan Tangan Kanan Sebisa mungkin, makanlah dengan menggunakan tangan kanan. Walaupun kita menggunakan sendok sekalipun, peganglah sendok tersebut dengan menggunakan tangan kanan.
  2. Hindari Berbicara Saat Makan Saat makan, hindari berbicara atau pun bercakap – cakap. Selain dapat membuat tersedak, menurut sebagian Ulamah, aktivitas ini juga dapat memicu godaan setan.
  3. Makanlah Secukupnya Hindari makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk selalu makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.
  4. Utamakan Makan Memakai Tangan Secara Langsung Makan menggunakan tangan secara langsung adalah sunnah. Selain itu, menurut hasil penelitian, makan menggunakan tangan secara langsung juga dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Hal ini dikarenakan ujung – ujung jari tangan kita dapat memproduksi enzim tertentu yang dapat membantu mempercepat proses pembusukan makanan. Membaca doa makan dan sesudah makan memang bukan kewajiban. Namun begitu, upayakanlah untuk selalu membaca dua doa ini. Kalaupun belum hafal, setidaknya bacalah basmalah sebelum makan dan hamdalah setelah makan.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Makan dan Sesudah Makan Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya"