Widget HTML Atas

Bacaan Doa Mandi Wajib Bahasa Arab dan Latin Lengkap dengan Artinya

Doa mandi wajib harus diketahui oleh setiap muslim yang telah dewasa. Pasalnya seorang muslim yang telah dewasa diwajibkan untuk melakukan mandi wajib ketika berada dalam kondisi junub (berhadats besar). Dan untuk melakukan mandi wajib, kita diwajibkan untuk membaca doa ataupun niat mandi wajib.
Bacaan Doa Mandi Wajib Bahasa Arab dan Latin Lengkap dengan Artinya
Di usia dewasa, umat muslim akan sering berada dalam kondisi junub. Kondisi ini terjadi ketika terkena hadats besar. Beberapa hal yang menyebabkan orang dewasa berada dalam kondisi junub adalah:
  • Menstruasi
  • Nifas
  • Hubungan badan / hubungan suami istri (baik itu keluar mani atau tidak)
  • Mimpi basah / keluar mani
  • Sehabis melahirkan
Bila mengalami salah satu kondisi di atas, maka umat muslim diwajibkan untuk membersihkan diri dengan cara mandi junub ataupun mandi wajib. Mandi ini dapat dilakukan seperti biasa. Hanya saja sebelum mandi, kita diwajibkan untuk membaca doa mandi wajib terlebih dahulu.

Bacaan Doa Mandi Wajib dan Artinya

Berikut merupakan lafaz niat mandi wajib yang bisa Anda baca ketika akan melakukan mandi wajib:
Niat mandi wajib dibaca di awal, yaitu ketika hendak melakukan mandi wajib. Membaca doa mandi wajib hukumnya wajib. Artinya, mandi junub tidak akan sah bila doa ini tidak dibaca.

Variasi Bacaan Doa Mandi Junub / Wajib

Selain lafaz doa mandi junub di atas, beberapa Ulamah ada yang menggunakan jenis bacaan doa mandi wajib lain. Variasi doa mandi wajib ini dilandaskan pada jenis aktivitas yang mendasari dilakukannya mandi wajib.

Bila merujuk pada paham di atas (paham yang menggunakan beberapa variasi doa mandi junub), maka doa mandi junub untuk menyucikan diri dari menstruasi akan berbeda dengan doa mandi junub untuk menyucikan diri dari darah nifas.

Doa mandi wajib untuk orang yang baru selesai haid adalah sebagai berikut:
Doa mandi wajib untuk orang yang baru selesai haid
Doa mandi wajib untuk orang yang baru selesai nifas adalah sebagai berikut:
Doa mandi wajib untuk orang yang baru selesai nifas

Niat Mandi Wajib Bahasa Indonesia

Dalam agama Islam, setiap amal perbuatan seorang hamba akan dinilai berdasarkan niatnya. Amal perbuatan hanya akan mendapatkan pahala bila diniatkan karena Allah swt. Berangkat dari hal tersebut, mayoritas Ulamah sepakat bahwa setiap amal perbuatan yang kita kerjakan harus dilandasi dengan niat karena Allah ta’ala.

Nah, dalam prakteknya nanti, bila masih belum hafal, kita diperbolehkan untuk menggunakan doa mandi wajib bahasa Indonesia. Syaratnya, kita harus meniatkan dalam diri bahwa amalan mandi wajib yang kita lakukan adalah karena Allah ta’ala.

Cara melakukannya, cukup lafazkan dalam hati “Saya berniat mengerjakan mandi wajib untuk membersihkan diri dari hadats besar karena Allah ta’ala”. Setelah melafazkan niat tersebut, Anda dapat langsung mengerjakan langkah – langkah mandi wajib seperti biasa.

Perbedaan Pandangan Saat Melakukan Mandi Wajib

Sampai saat ini masih ada perbedaan pandangan antar Ulamah tentang tata cara mengerjakan mandi wajib. Beberapa Ulamah mengatakan bahwa mandi wajib dapat dilakukan seperti halnya mandi biasa. Perbedaan antara keduanya (mandi junub dan mandi biasa) hanya terletak pada doa mandi wajib saja.

Di lain sisi, beberapa kalangan Ulamah mengatakan bahwa mandi wajib baru dianggap sah bila dilakukan dengan mengikuti tahapan berikut ini:
  • Membaca doa mandi wajib
  • Membasuh tangan
  • Membersihkan bagian tubuh yang kotor
  • Membasuh tangan kembali
  • Berwudhu
  • Mengguyur seluruh bagian tubuh
  • Membersihkan seluruh bagian kepala
  • Membersihkan rambut dan kulit kepala dengan jari
  • Mengguyur badan dari sebelah kiri ke sebelah kanan
  • Menggosok seluruh bagian badan menggunakan sabun / sampo.
Karena kedua tata cara mandi wajib di atas sama – sama didukung oleh Ulamah, maka kita boleh menggunakan yang mana saja di antara keduanya. Syaratnya, sebelum melakukan mandi wajib, kita diwajibkan untuk membaca doa mandi wajib.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Mandi Wajib Bahasa Arab dan Latin Lengkap dengan Artinya"