Widget HTML Atas

Bacaan Doa Nurbuat dan Artinya Lengkap

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan doa nurbuat dan artinya. Doa ini merupakan salah satu bacaan doa yang sangat istimewa di kalangan umat Islam. Bila diamalkan secara ikhlas karena Allah SWT setiap hari, doa ini dapat menjadi sarana datangnya keberkahan dan keistimewaan dari Allah SWT.
Bacaan Doa Nurbuat dan Artinya Lengkap

Sejarah Doa Nurbuat

Menurut sebuah riwayat, doa Nurbuat pertama kali dibaca oleh Nabi Muhammad SAW sedang berusaha mengobati cucunya yang sedang sakit mata, yaitu Sayidina Hasan dan Husen.

Pada waktu itu, Nabi Muhammad membaca sebuah bait doa yang diajarkan oleh Malaikat Jibril, yaitu doa nurbuat. Selang beberapa waktu setelahnya, sakit mata yang diderita oleh cucu Nabi Muhammad SAW langsung sembuh.

Sejak saat itu, doa ini mulai banyak diamalkan oleh umat Islam. Tidak hanya pada waktu berobat, namun juga di waktu – waktu lainnya yang dianggap penting.

Lafaz Bacaan Doa Nurbuat dan Artinya

Berikut merupakan lafaz bacaan doa nurbuat:
Bacaan Doa Nurbuat dan Artinya Lengkap
Doa nurbuat tidak seperti beberapa bacaan doa lainnya yang hanya boleh dibaca di waktu – waktu tertentu saja. Doa ini boleh Anda baca kapan saja Anda ingin membacanya. Bahkan, beberapa Ulamah menganjurkan agar doa ini dibaca secara rutin setiap hari.

Hal Penting yang Wajib Disadari Terkait dengan Doa Nurbuat

Menurut sejumlah riwayat, doa Nurbuat adalah doa yang diajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Saat mengamalkan doa ini, banyak umat Muslim yang berhasil merasakan manfaat dan berbagai macam kemudahan.

Sayangnya, beberapa kalangan masyarakat akhirnya banyak yang salah persepsi. Beberapa kalangan masyarakat banyak yang beranggapan bahwa kemudahan dan keistimewaan yang mereka rasakan semuanya adalah karena mereka membaca doa nurbuat. Padahal, anggapan tersebut adalah anggapan yang salah.

Penting untuk diingat, setiap kemudahan, keistimewaan, kelancaran, dan keberkahan yang kita rasakan dalam hidup kita, semuanya hanya berasal dari Allah SWT semata. Doa nurbuat dan amalan – amalan ibadah yang lainnya hanya perantara. Semua ibadah yang kita kerjakan hanyalah media untuk memohon kepada Allah agar hidup kita selalu dilimpahi dengan keberkahan, kemudahan, dan kelancaran oleh Allah SWT.

Metode Menghafal Doa Nurbuat

Doa nurbuat tergolong cukup panjang. Bila Anda ingin menghafalnya, berikut merupakan beberapa metode menghafal yang bisa Anda coba untuk terapkan:
  1. Baca Berulang Kali Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa menghafal doa nurbuat adalah membacanya berulang – ulang kali. Semakin banyak Anda mengulang, semakin cepat Anda akan hafal dengan doa ini.
  2. Coba Dengarkan Rekaman Doa Ini Mendengarkan rekaman doa nurbuat menggunakan perangkat gadget juga dapat membantu mempercepat Anda untuk menghafal doa ini. Dalam prakteknya, Anda dapat menerapkan teknik ini di waktu – waktu luang seperti: saat berada di kereta / bus, saat istirahat di siang hari, dll.
  3. Coba Tuliskan Bahasa Arabnya Menurut hasil penelitian, semakin banyak jumlah indera yang digunakan untuk menghafal / mempelajari suatu hal, maka semakin cepat pula proses belajar yang perlu dilewati. Oleh sebab itu, bila Anda ingin bisa hafal doa nurbuat dan artinya dengan cepat, sebisa mungkin libatkanlah indera tubuh Anda sebanyak – banyaknya.
    Selain dengan menulis, Anda juga bisa melibatkan indera mulut Anda dengan cara membaca doa ini dengan keras (bersuara).
  4. Coba Pahami Maknanya Terakhir, agar proses menghafal doa nurbuat dan artinya yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lebih cepat, Anda dapat mencoba untuk tidak hanya sekedar menghafal bahasa arabnya, melainkan juga turut memahami makna / artinya.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Nurbuat dan Artinya Lengkap"