Widget HTML Atas

Bacaan Doa Penenang Hati dan Pikiran dalam Islam Bahasa Arab dan Artinya Lengkap

Setiap orang pasti pernah mengalami gelisah. Sudah menjadi fitrahnya manusia untuk merasakan hal tersebut. Pertanyaannya, bagaimanakah cara kita menyikapi rasa gundah dan gelisah yang kita rasakan? Sebagai umat Islam, cara terbaik untuk menyikapinya adalah dengan membaca dan mengamalkan doa penenang hati dan pikiran dalam Islam.

Dalam agama Islam, setiap aspek yang ada dalam hidup sudah diatur dengan sedemikian rupa. Hampir tidak ada satu aktivitas pun yang terkait dengan kehidupan manusia yang tidak diatur oleh agama Islam. Setiap hal, terutama yang berbau permasalahan, semuanya sudah diatur dan disediakan solusinya oleh Allah SWT.

Saat kita mengalami masalah, maka langkah terbaik yang bisa kita lakukan adalah memohon pertolongan pada Allah SWT. Hal ini dikarenakan, hidup kita seluruhnya bergantung pada kehendak – Nya. Bahkan, masalah yang kita alami sekalipun semuanya berasal dari Allah SWT yang ditujukan untuk menguji dan memperingatkan kita.
Bacaan Doa Penenang Hati dan Pikiran dalam Islam Bahasa Arab dan Artinya Lengkap
Oleh sebab itu, bila kita mengalami gundah dan merasa gelisah, maka langkah terbaik yang bisa kita kerjakan adalah berdoa kepada Allah SWT. Dalam hal ini kita dianjurkan untuk membaca doa penenang hati dan pikiran.

Lafaz Bacaan Doa Penenang Hati dan Pikiran dalam Islam

Doa penenang hati dan pikiran adalah sebagai berikut:
Doa Penenang Hati dan Pikiran
Doa tersebut dapat dibaca kapan pun saat kita sedang gelisah, entah itu karena permasalahan tertentu atau pun karena sesuatu hal lainnya yang belum kita ketahui.

Adab dan Cara Menghindari Perasaan Gelisah

Sehebat apa pun kita, sekuat apa pun iman kita, kita tetap lah manusia biasa dengan daya yang terbatas. Di saat – saat tertentu, terutama saat dihadapkan pada permasalahan yang besar, kita berpotensi mengalami gejolak jiwa yang berujung pada rasa gundah dan gelisah.

Nah, agar diri kita bisa lebih kuat dan tidak mudah mengalami gelisah, kita dapat menerapkan beberapa adab dan cara menghindari perasaan gelisah di bawah ini:

  1. Selalu Mengucap Basmalah Saat Hendak Mengerjakan Apapun Perasaan gelisah yang timbul di hati kita biasanya ditengarai oleh hasutan iblis dan setan. Oleh sebab itu, agar diri kita tidak mudah terkena hasutan iblis dan setan, kita dianjurkan untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dengan cara mengucap basmalah setiap hendak mengerjakan aktivitas apa pun.
  2. Selalu Mengucap Hamdalah Begitu Selesai Mengerjakan Apapun Selain dengan membaca doa penenang hati dan pikiran, untuk menangkan hati dan pikiran dari perasaan gelisah kita dianjurkan untuk memperbanyak rasa syukur. Salah satu caranya adalah dengan selalu membaca hamdalah begitu selesai mengerjakan aktivitas apapun.
  3. Selalu Mengucap Innalillahi Wainnailaihi Raji’un Saat Tertimpa Musibah Bila sedang tertimpa musibah, musibah apa pun itu, kita dianjurkan untuk selalu mengucap Innalillahi Wainnailahi Raji’un yang artinya: “Semua yang berasal dari Allah akan kembali kepada Allah”.
  4. Memperbanyak Istigfar Agar hati selalu merasa sejuk, tenang, dan terhindar dari amarah, kita dianjurkan untuk memperbanyak istigfar. Kesalahan adalah hal yang wajar bagi manusia. Oleh sebab itu, ketika kita melakukan kesalahan, apa pun itu, segeralah beristigfar kepada Allah SWT untuk memohon ampunan.
    Karena manusia tidak lekang dari perasaan gundah dan gelisah, sebisa mungkin hafalkanlah doa penenang hati dan pikiran dalam Islam. Dengan begitu, bila sewaktu – waktu kita mengalami gelisah, kita tinggal membacanya saja agar perasaan gelisah yang kita alami segera dicabut oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Penenang Hati dan Pikiran dalam Islam Bahasa Arab dan Artinya Lengkap"