Widget HTML Atas

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqamah Beserta Artinya

Doa setelah adzan dan iqamah beserta artinya semestinya diketahui oleh setiap umat muslim, terutama pria dewasa. Pasalnya, bila sudah dewasa, umat muslim berjenis kelamin pria diwajibkan untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid minimal satu kali dalam seminggu, yaitu pada hari Jum’at. Artinya setiap minggu setidaknya ada satu waktu dimana kaum pria dapat melafazkan doa ini.
Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqamah Beserta Artinya

Apa Itu Adzan dan Iqamah?

Adzan merupakan pertanda masuknya waktu sholat. Tidak hanya itu, Adzan juga merupakan panggilan bagi umat Muslim untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid.

Dalam beberapa riwayat, disebutkan bahwa ada banyak pahala yang bisa didapatkan oleh seorang Muslim terkait dengan Adzan. Dari mulai orang yang melafalkan Azan sampai dengan orang yang mendengarkannya, keduanya akan mendapatkan ganjaran pahala.

Orang yang mendengar suara Adzan disunahkan untuk menjawab adzan. Selain itu, ketika Adzan telah selesai dikumandangkan, umat Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa setelah azan.

Bacaan Doa Setelah Adzan

Bacaan doa setelah Adzan adalah sebagai berikut:
Bacaan Doa Setelah Adzan Artinya
Bacaan doa di atas merupakan bacaan doa setelah azan yang umum. Artinya doa di atas boleh dan bisa dibaca untuk adzan yang dikumandangkan kapan saja, baik itu di waktu Isya, Shubuh, Lohor, Asar, maupun Magrib.

Bacaan Doa Sesudah Adzan Magrib

Dalam kitab Jami’ul Ahadits, Juz IV, Hal. 250, disebutkan bahwa ketika mendengar adzan magrib, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa khusus setelah azan magrib. Bacaan doanya adalah sebagai berikut:
Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqamah Beserta Artinya

Bacaan Doa Setelah Adzan Shubuh

Dalam kitab Fathul Muin hal. 280, disebutkan pula bahwa selepas mendengar adzan shubuh, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa khusus setelah sholat shubuh, yaitu:

Bacaan Doa Sesudah Iqamah

Iqamah merupakan ajakan untuk mengerjakan sholat berjamaah. Berbeda dengan azan yang hanya dilafazkan menjelang waktu sholat, iqamah dapat dilafazkan setiap kali hendak melangsungkan sholat berjamaah.

Selepas mendengar ataupun melafazkan iqamah, umat Muslim dianjurkan untuk membaca lafaz doa sesudah Iqamah berikut ini:
Bacaan Doa Setelah Iqamah Beserta Artinya

Amalan Lain yang Dianjurkan Terkait Adzan dan Iqamah

Selain membaca doa setelah adzan, ada beberapa amalan lain yang dapat dikerjakan oleh umat Muslim yang terkait dengan adzan dan iqamah. Beberapa amalan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Membaca Shalawat Dalam Kitab Asna al-Mathalib karya Imam Zakaria al-Anshary, disebutkan bahwa begitu adzan selesai dikumandangkan, muadzin dan orang yang mendengar suara adzan disunahkan untuk membaca sholawat. Sholawat yang paling utama untuk dibaca adalah sholawat Ibrahimiyyah, yaitu:
  2. Membaca Doa diantara Adzan dan Iqamah Selepas adzan, biasanya akan ada jeda sebentar sebelum muazin mengumandangkan iqamah. Nah, di waktu tersebut, kita dianjurkan untuk turut membaca doa diantara adzan dan iqamah. Lafaz doanya adalah sebagai berikut:
  3. Membaca Ayat Kursi Bila masih ada cukup waktu, selepas membaca doa diantara adzan dan iqamah, kita juga turut dianjurkan untuk membaca ayat kursi. Namun bila waktunya sudah tidak cukup, kita dapat melewatinya dan langsung membaca doa setelah iqamah saja (bila iqamah sudah selesai dikumandangkan). Mengetahui doa setelah adzan dan iqamah beserta artinya mungkin memang tidak termasuk ke dalam hal yang diwajibkan. Namun begitu, iman kita sebagai seorang Muslim akan jauh lebih sempurna bila kita mengetahui, hafal, dan mengamalkannya setiap kali mendengar suara adzan dan juga iqamah. Dengan mengamalkan doa tersebut, kita akan bisa mendapatkan lebih banyak pahala.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqamah Beserta Artinya"