Widget HTML Atas

Bacaan Doa Turun Hujan dan Artinya Lengkap Bahasa Arab

Saat hujan turun, apa yang biasa Anda lakukan? Apakah hanya berdiam diri begitu saja? Mengeluh karena tidak dapat mengerjakan aktivitas seperti biasa? Atau malah membaca doa turun hujan dan artinya?

Tidak dapat dipungkiri, ketika hujan turun, aktivitas kita memang menjadi terbatas. Kita yang sebelumnya bisa mengerjakan berbagai macam aktivitas lapangan, ketika hujan mau tidak mau harus berhenti sejenak untuk berteduh. Padahal tidak jarang pekerjaan yang kita lakukan tengah dikejar dengan deadline.

Biasanya, dalam kondisi seperti di atas, kita akan langsung mengeluh. Padahal, bukannya menyelesaikan masalah, keluhan yang kita sampaikan sejatinya malah akan membuat diri kita menjadi lebih tertekan.
Bacaan Doa Turun Hujan dan Artinya Lengkap Bahasa Arab
Dalam agama Islam, saat hujan turun, kita dianjurkan untuk segera membaca doa turun hujan. Jika belum hafal, kita diperbolehkan untuk membaca doa apa saja yang sedang ingin kita panjatkan kepada Allah SWT.

Hujan Adalah Rahmat dari Allah SWT

Penting untuk diketahui, hujan adalah rahmat dari Allah SWT. Dengan hujan Allah telah menghidupkan berbagai macam hal yang bermanfaat untuk kehidupan manusia dan berbagai macam makhluk lainnya.

Dengan air hujan, Allah menumbuhkan berbagai jenis tanaman, menghidupkan berbagai macam spesies ikan, dan memenuhi kebutuhan air manusia. Semua hal tersebut adalah hal yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Bila merujuk pada banyaknya manfaat yang datang bersama dengan hujan, maka amat sangat tidak etis tentunya jika kita mengeluh saat dijatuhi hujan. Sebaliknya kita wajib bersyukur kepada Allah SWT yang telah menurunkan banyak rahmat melalui hujan.

Waktu Hujan Adalah Salah Satu Waktu Mustajab untuk Berdoa

Membaca doa turun hujan memang bukan termasuk kewajiban. Hanya saja, amat sangat disayangkan jika kita tidak berdoa di waktu hujan. Pasalnya, dalam beberapa hadits, disebutkan bahwa waktu hujan adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa ada tiga waktu yang mustajab untuk berdoa. Ketiga waktu tersebut adalah waktu bertemunya dua pasukan perang, waktu diantara adzan dan iqamah, dan waktu ketika turun hujan.

Doa Turun Hujan Bahasa Arab

Lafaz bacaan doa turun hujan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:
Bacaan Doa Turun Hujan dan Artinya
Karena waktu hujan adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, menurut sebagian besar Ulamah, selain membaca doa di atas, kita juga diperbolehkan dan dianjurkan untuk membaca doa lain yang berhubungan dengan hidup kita.

Kalaupun kita tidak hafal dengan lafaz doa di atas, kita diperbolehkan untuk memanjatkan doa dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Doa Turun Hujan Deras

Dalam sebuah riwayat, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah memohon kepada Allah untuk segera diberi hujan. Pada waktu itu, Allah langsung menurunkan air hujan yang sangat deras.

Ketika air hujan yang turun terlihat sangat deras, Nabi Muhammad SAW langsung berdoa kembali kepada Allah untuk memohon perlindungan. Lafaz doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika hujan deras adalah sebagai berikut:
Bacaan Doa Turun Hujan Deras

Doa Setelah Hujan

Jika hujan telah berhenti, kita dianjurkan untuk kembali berdoa. Lafaz bacaan doa setelah hujan adalah sebagai berikut:
Bacaan Doa Setelah Hujan
Seperti yang telah kami sebutkan di atas, mengetahui dan membaca doa turun hujan dan artinya memang tidak tergolong sebagai kewajiban. Namun begitu, karena waktu hujan turun adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa, maka kita harus memanfaatkannya dengan berdoa sebanyak mungkin pada Allah SWT.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Turun Hujan dan Artinya Lengkap Bahasa Arab"