Widget HTML Atas

Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri dalam Islam

Doa ulang tahun untuk diri sendiri dalam Islam pada dasarnya adalah doa yang dipanjatkan untuk memohon kesehatan, kesejahteraan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Doa ini tidak jauh berbeda dengan doa yang biasa diucapkan banyak orang ketika memberi selamat pada orang yang tengah berulang tahun.

Dalam hidup, manusia memiliki hari yang dianggap spesial. Hari yang dianggap spesial ini pada dasarnya adalah hari biasa. Namun karena hari tersebut dianggap sebagai hari yang bersejarah, maka hari tersebut akhirnya dianggap spesial.
Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri dalam Islam
Sebagian dari kita, biasanya sangat suka mengingat – ingat hari spesial tersebut. Tidak jarang sebagian orang mengadakan acara perayaan untuk memperingatinya. Dan salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk memperingati hari tersebut adalah dengan berdoa kepada Allah SWT.

Bacaan Doa Ulang Tahun dalam Islam

Bacaan doa ulang tahun dalam Islam yang benar – benar khusus untuk merayakan ulang tahun sebenarnya tidak ada. Di jaman Nabi Muhammad, ulang tahun tidak dianggap sebagai waktu yang bersejarah dan perlu dirayakan.

Namun begitu, kalaupun kita merayakannya, selama perayaan tersebut tidak dilakukan secara berlebihan dan dapat memberikan manfaat, maka sebagian Ulamah memperbolehkannya.

Nah, berkaitan dengan doa ulang tahun, kita dianjurkan untuk membaca doa yang baik dan bermanfaat untuk diri kita. Beberapa bacaan doa yang bisa dibaca ketika sedang ulang tahun adalah sebagai berikut:
Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri dalam Islam
Bila Anda tidak hafal bacaan doa di atas, Anda dapat membaca doa biasa dengan menggunakan bahasa Indonesia. Apa pun doa yang Anda panjatkan, selama doa tersebut berisi permohonan yang baik, Anda boleh mengutarakannya saat Anda berulang tahun.

Hal Penting Terkait Ulang Tahun

Penting untuk diketahui, sampai saat ini masih banyak umat Muslim yang salah pengertian dalam menyikapi ulang tahun. Kebanyakan orang biasanya akan merasa bahagia dan bersuka cita ketika sedang ulang tahun. Padahal, bila diresapi secara mendalam, ulang tahun sejatinya bukan pertambahan usia melainkan malah pengurangan usia.

Karena ulang tahun merupakan pengurangan usia, maka sudah sepatutnya kita merasa sedih karena jatah usia yang diberikan Allah SWT kepada kita telah berkurang. Kita wajib bertafakur dan terus berupaya untuk memperbaiki diri. Hal ini dikarenakan semakin berkurang jatah usia kita, maka semakin dekat pula kita pada kematian.

Perayaan Ulang Tahun

Alih – alih membaca doa ulang tahun, sampai saat ini masih banyak kalangan umat Islam yang mengadakan perayaan ulang tahun. Pertanyaannya, bagaimanakah hukum perayaan ulang tahun dalam Islam?

Dalam agama Islam, kita tidak mengenal aktivitas perayaan ulang tahun. Perayaan ulang tahun adalah kebiasaan masyarakat Eropa. Oleh sebab itu, kita tidak disarankan untuk mengadakan acara perayaan ulang tahun.

Kalaupun ingin menggelar acara, gelarlah acara yang bermanfaat, seperti acara memberi makan anak yatim, acara pengajian, berkunjung dan bersedekah ke panti asuhan dan lain sebagainya.
Acara – acara yang bersifat menunjukkan rasa syukur seperti di atas menurut sebagian Ulamah boleh dilakukan. Namun bila acara perayaan yang dilakukan cenderung mengarah ke kebiasaan untuk mengikuti tradisi, untuk sekedar have fun, atau malah untuk pamer, maka acara perayaan ulang tahun cenderung amat sangat tidak dianjurkan.

Penting untuk diingat, doa ulang tahun untuk diri sendiri pada dasarnya tidak ada. Bahkan, perayaan ulang tahun sendiri bukan merupakan kebiasaan orang Islam. Oleh sebab itu, bila Anda ingin membaca doa di hari ulang tahun Anda, Anda dapat membaca doa apa saja yang Anda anggap baik, termasuk salah satunya adalah bait doa yang kami sampaikan di atas.

Tidak ada komentar untuk "Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri dalam Islam"