Widget HTML Atas

Bacaan Tentang Doa Zakat Fitrah

Niat ataupun doa zakat fitrah wajib dilafazkan ketika kita sedang membayar zakat fitrah. Lafaz ini lah yang membedakan zakat fitrah dengan infak. Artinya, bila lafaz niat zakat fitrah tidak dibaca, maka uang yang kita setorkan tidak akan dianggap sebagai zakat fitrah, melainkan hanya infak biasa.

Doa zakat fitrah dapat berbeda – beda. Perbedaan ini bergantung pada untuk siapa zakat fitrah yang dibayar akan diniatkan. Lafaz niat zakat fitrah untuk diri sendiri akan berbeda dengan niat zakat fitrah untuk orang lain, entah itu anak kita, istri kita, atau pun anggota keluarga kita yang lain.
Doa Zakat Fitrah
Meskipun lafadz doa zakat fitrah berbeda – beda, namun secara keseluruhan intinya tetap sama, yaitu niat untuk mengeluarkan uang zakat yang diwajibkan bagi setiap Muslim baik itu laki – laki ataupun perempuan dengan mengikuti syarat – syarat yang berlaku.

Bacaan Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Lafaz doa zakat fitrah untuk diri sendiri adalah sebagai berikut:
Doa Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri
Lafaz doa zakat fitrah di atas diucapkan ketika ingin membayar zakat untuk diri kita sendiri tanpa diwakilkan atau pun mewakili orang lain sama sekali. Dengan kata lain, zakat tersebut kita bayarkan sendiri untuk diri kita.

Bacaan Doa Zakat Fitrah untuk Istri

Bila Anda ingin membayar zakat fitrah untuk istri Anda, maka lafaz doanya adalah sebagai berikut:
Doa Zakat Fitrah Untuk Istri


Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki – Laki

Jika Anda memiliki anak laki – laki yang belum bisa membaca doa zakat fitrah sendiri, maka Anda dapat mewakili anak Anda untuk membaca niat zakat fitrah. Lafaz bacaan doa / niatnya adalah sebagai berikut:
Doa Zakat Fitrah Untuk Anak Laki-Laki

Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Bila Anda memiliki anak perempuan yang masih bayi atau belum bisa melafazkan niat zakat fitrah sendiri, Anda dapat mewakilinya. Lafaz bacaan niat / doa zakat fitrah untuk mewakili anak perempuan adalah sebagai berikut:
Doa Zakat Fitrah Untuk Anak Perempuan

Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Bila Anda merupakan tulang punggung keluarga dan seluruh kehidupan anggota keluarga di rumah Anda bergantung pada diri Anda, maka Anda berkewajiban untuk membayar zakat fitrah untuk diri Anda sendiri dan seluruh anggota keluarga yang Anda nafkahi.

Dalam kasus seperti ini, maka doa zakat fitrah yang harus Anda baca agak sedikit berbeda dari beberapa doa zakat fitrah yang sebelumnya. Dalam hal ini, Anda dapat membaca lafaz doa zakat fitrah sebagai berikut:
Doa Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Bacaan Doa Zakat Fitrah untuk Orang yang Anda Wakilkan

Dalam kondisi tertentu, Anda mungkin akan dimintai tolong oleh kerabat Anda yang sedang berhalangan (untuk datang ke panitia amil zakat) untuk membayarkan zakat fitrah miliknya. Di kondisi seperti ini Anda diperbolehkan untuk mewakili orang tersebut.

Untuk mewakilinya, Anda dapat membaca doa zakat fitrah sebagai berikut:
Doa Zakat Fitrah Untuk Orang yang Anda Wakilkan

Besaran Zakat Fitrah di Indonesia

Selain wajib mengetahui lafaz doa zakat fitrah, Anda juga harus mengetahui cara menghitung besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan. Zakat fitrah biasanya dikeluarkan dengan menggunakan satuan bahan makanan pokok yang dikonsumsi.

Karena bahan makanan pokok yang dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah beras, maka besaran zakat fitrah yang dikeluarkan akan dihitung dengan menggunakan harga beras yang dikonsumsi sehari – hari. Untuk takarannya sendiri adalah 3 kg. Artinya, bila zakat fitrah ingin dibayar dalam bentuk uang, maka nilai uang yang dibayarkan harus setara dengan harga 3 kg beras yang biasa dikonsumsi sehari – hari.

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Tentang Doa Zakat Fitrah"