Widget HTML Atas

Bacaan Doa Ziarah Kubur Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya Lengkap

Doa ziarah kubur hanya dibaca ketika kita sedang melakukan ziarah ke pemakaman. Doa ini kita baca sebagai hadiah kepada para penghuni kubur. Harapannya, dengan membaca doa ini, para penghuni kubur yang kita ziarahi bisa mendapatkan keselamatan dari siksa Allah swt baik itu di alam kubur maupun di alam akhirat.
Bacaan Doa Ziarah Kubur Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya Lengkap

Tradisi Ziarah Kubur

Dalam Agama Islam tradisi ziarah kubur sudah dilakukan secara turun temurun. Dalam beberapa riwayat, disebutkan Nabi Muhammad SAW sendiri juga pernah melakukan ziarah kubur ke makam ibunya.

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Buraidah, disebutkan bahwa Nabi Muhammad pernah melarang aktivitas ziarah Kubur (karena kondisi iman umat Muslim yang masih lemah). Namun, Beliau kemudian memperbolehkannya (setelah kondisi iman umat muslim kuat), dan Beliau telah diberi izin untuk melakukan ziarah ke makam ibunya.

Maka dari itu, Nabi Muhammad memperbolehkan aktivitas ziarah kubur. Hal ini dikarenakan ziarah kubur dapat mengingatkan umat Muslim pada negeri akhirat.

Hukum Ziarah Kubur

Bila merujuk pada beberapa hadits dan pendapat mayoritas Ulamah, maka hukum ziarah kubur adalah boleh. Hukum ziarah kubur bukan sunnah, apalagi wajib. Bahkan, bila dilakukan secara tidak benar (digunakan untuk aktivitas pemujaan terhadap leluhur / nenek moyang), hukum ziarah kubur dapat menjadi haram atau bahkan musyrik.

Bila dilakukan dengan mengikuti panduan Nabi Muhammad SAW, ziarah kubur sebenarnya dapat memberikan banyak faedah. Beberapa faedah yang akan didapatkan saat melakukan ziarah kubur adalah sebagai berikut:

  1. Ingat Mati Dengan melakukan ziarah kubur, kita akan sadar bahwa kehidupan di dunia ini adalah kehidupan yang sementara. Hidup kita di muka bumi ini tidak kekal. Oleh sebab itu, kita wajib mempersiapkan diri dengan cara mengerjakan seluruh perintah Allah swt dan menjauhi seluruh larangan – larangan Allah swt.
  2. Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal Selain mengingat mati, dengan melakukan ziarah kubur dan membaca doa ziarah kubur, secara tidak langsung kita sudah mendoakan kerabat kita yang sudah meninggal. Harapannya, doa kita dapat diijabah oleh Allah swt, sehingga kerabat kita yang sudah meninggal dapat diterima di sisi – Nya dan ditempatkan di tempat yang sebaik – baiknya.

Lafaz Doa Ziarah Kubur

Berikut merupakan lafaz doa ziarah kubur yang dianjurkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW:
Bacaan Doa Ziarah Kubur
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim (HR. Muslim No. 975), disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan para sahabat untuk membaca doa di atas saat hendak keluar menuju kubur (ziarah kubur).

Tata Cara Melakukan Ziarah Kubur

Saat melakukan ziarah kubur, kita tidak boleh sembarangan. Dalam hal ini, ada adab yang harus kita ikuti, seperti berpakaian sopan, mengucap salam ketika memasuki area makan, tidak mengucapkan perkataan yang kurang baik, tidak meratapi kepergian anggota keluarga kita, membaca doa ziarah kubur, dan lain – lain.

Bila mau, kita juga diperkenankan untuk membawa bunga. Hal ini sesuai dengan sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah melewati sebuah kuburan yang penghuninya tengah disiksa. Pada waktu itu, ia mengambil pelepah pohon kurma, dan memotongnya untuk kemudian diletakkan di atas kuburan.

Ketika sahabat bertanya mengapa Beliau melakukan hal tersebut, Beliau menjawab bahwa siksaan yang dirasakan oleh penghuni kubur akan berhenti selama batang kurma yang ia tancapkan di atas kuburan tersebut masih basah. (HR. Muslim: 3012).

Tidak ada komentar untuk "Bacaan Doa Ziarah Kubur Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya Lengkap"