Widget HTML Atas

Lafaz Doa Berpakaian dan Membuka Pakaian Beserta Artinya Lengkap

Berpakaian dan membuka pakaian adalah aktivitas yang selalu kita kerjakan setiap hari. Sayangnya, walaupun aktivitas ini selalu kita kerjakan setiap hari, masih banyak diantara kita yang tidak mengetahui doa berpakaian dan membuka pakaian beserta artinya. Padahal, sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk selalu membaca doa ketika hendak mengerjakan sebuah aktivitas dan selepas mengerjakan aktivitas tersebut.
Lafaz Doa Berpakaian dan Membuka Pakaian Beserta Artinya Lengkap

Lafaz Doa Berpakaian Beserta Artinya

Saat hendak menggunakan pakaian. Pakaian apa pun itu, entah itu celana, baju, atau bahkan hanya jilbab sekalipun, kita dianjurkan untuk membaca doa. Tujuannya, agar kita terhindar dari upaya setan yang berusaha mencelakakan kita saat tengah memakai pakaian.

Doa berpakaian juga ditujukan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari berbagai macam kejahatan yang mungkin ditimbulkan oleh pakaian yang kita kenakan. Lafaz doa berpakaian adalah sebagai berikut:

Lafaz doa di atas hanya dibaca saat hendak mengenakan pakaian lama ataupun pakaian yang sudah biasa kita gunakan. Bila pakaian yang hendak kita gunakan adalah pakaian baru, maka doa yang dibaca bukan doa di atas.

Lafaz Doa Saat Menggunakan Pakaian Baru

Doa mengenakan pakaian yang sudah lama kita miliki cenderung berbeda dengan lafaz doa yang dibaca saat hendak menggunakan pakaian baru. Lafaz doa mengenakan pakaian baru adalah sebagai berikut:

Berbeda dengan doa berpakaian yang biasa, dimana fokus utamanya adalah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari gangguan setan dan kejahatan pakaian yang hendak kita kenakan, doa menggunakan pakaian baru cenderung lebih berfokus ke rasa syukur karena Allah telah memberikan rejeki berupa pakaian baru kepada kita.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat kita mendapatkan nikmat, apa pun itu, Allah menganjurkan kita untuk bersyukur kepada – Nya. Bila kita bersyukur, maka Allah berjanji akan menambah nikmat – Nya. Namun bila kita ingkar pada nikmat tersebut, maka sesungguhnya azab Allah benar – benar sanga pedih.

Lafaz Doa Saat Membuka Pakaian


Saat hendak melepas pakaian, kita juga dianjurkan untuk membaca doa. Lafaz doa membuka pakaian yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

Adab dalam Berpakaian

Agama Islam adalah agama yang sangat lengkap. Hampir setiap aktivitas yang ada dalam kehidupan manusia, semuanya sudah diatur dalam agama Islam. Dan satu – satunya cara untuk bisa mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat adalah dengan mengikuti petunjuk dan aturan tersebut.

Nah, khusus untuk berpakaian, selain membaca doa berpakaian, saat berpakaian, kita juga dianjurkan untuk menerapkan adab berpakaian di bawah ini:

  1. Menutup Aurat Adab pertama yang wajib diterapkan saat berpakaian adalah menutup aurat. Aurat merupakan salah satu sumber dosa terbesar yang ada pada tubuh manusia. Tidak hanya sekedar dapat menimbulkan dosa untuk diri sendiri, aurat yang ada pada tubuh kita juga dapat menimbulkan dosa pada orang lain.
    Oleh sebab itu, saat berpakaian, sebisa mungkin gunakanlah pakaian yang menutupi seluruh bagian aurat tubuh kita.
  2. Tidak Berlebihan Walaupun menutup aurat, pakaian yang berlebihan dapat menimbulkan celaka pada diri kita sendiri. Pakaian yang berlebihan dapat mengundang orang lain untuk berbuat jahat kepada kita.
    Oleh sebab itu, sebisa mungkin, hindarilah kebiasaan menggunakan pakaian secara berlebihan.
    Sekedar informasi tambahan, bila Anda belum hafal doa berpakaian dan membuka pakaian beserta artinya, Anda dapat menggantinya dengan bahasa Indonesia. Atau kalau hal tersebut masih dirasa terlalu sulit, setidaknya mulailah aktivitas berpakaian Anda dengan mengucap basmalah.

Tidak ada komentar untuk "Lafaz Doa Berpakaian dan Membuka Pakaian Beserta Artinya Lengkap"